Mutiara Bunda Playschool

Sebagai sekolah inklusi, Mutiara Bunda Playschool memberikan pendekatan secara individual dalam mendampingi perkembangan anak usia dini dalam lingkungan sekolah yang hangat dan homey.

Kurikulum dan Metode Pengajaran

ADAPTIVE AND MEANINGFUL CURRICULUM 

Adalah kurikulum yang diolah Mutiara Bunda yang memodifikasi dari Implementasi Kurikulum Merdeka “Salinan Kepmendikbudristek No 56 Tentang Pedoman Kurikulum” dan penerapan STPPA (Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak) Usia Dini, yang sejak awal telah diterapkan di Mutiara Bunda dan dilandasi oleh nilai-nilai Islam dari Al-Quran dan Hadist 

Visi dan Misi

Building the Future

Visi

Mewujudkan sekolah ramah yang secara aktif berkontribusi untuk Indonesia yang lebih baik dengan memfasilitasi individu untuk menjadi pembelajar sepanjang hayat dengan integritas. Untuk terlibat dalam masyarakat global dengan nilai-nilai islami.

Misi

  • Memberikan lingkungan belajar yang islami untuk dihayati dan dijadikanjalan hidup (way of life)
  • Menyelenggarakan program pembelajaran yang aktif, inovatif, mengembangkan soft skill, serta menggunakan teknologi untuk memfasilitasi keragaman kebutuhan anak
  • Menjalin kerjasama antara guru, siswa, orang tua, staf, dan masyarakat sehingga tercipta lingkungan yang peduli, menyenangkan, dan menstimulasi setiap individu
  • Mengembangkan sumber daya manusia yang profesional, berkarakter, serta sehat jasmani dan rohani
  • Melaksanakan manajemen berbasis sekolah yang terencana dan terukur

Mutiara Bunda Playschool

Memberikan pendekatan secara individual dalam mendampingi perkembangan anak usia dini

Mutiara Bunda Playschool memberikan stimulasi yang dibutuhkan oleh anak usia dini pada masa perkembangannya. Sebagai sekolah inklusi, Mutiara Bunda Playschool memberikan pendekatan secara individual dalam mendampingi perkembangan anak usia dini dalam lingkungan sekolah yang hangat dan homey.

Aspek perkembangan anak usia dini

Kegiatan keseharian anak diberikan dalam bentuk active learning berupa integrasi dari beberapa aspek perkembangan.

Aspek perkembangan anak usia dini antara lain terdiri dari aspek sosial, emosi, bahasa, motorik, dan kognisi. Program bilingual pun tampak dari komunikasi sehari-hari antara guru dan murid. Setiap kegiatan tersebut memuat unsur Islami yang diambil dari kutipan ayat Al Qur’an atau hadits / teladan Rasulullah SAW. Selain juga unsur-unsur islami lainnya yang selalu dibiasakan pada anak-anak pada kesehariannya di sekolah seperti berwudhu sebelum memulai kegiatan, pembiasaaan doa, dan adab-adab keseharian seperti adab makan, minum, dll.

Program Khusus

Mutiara Bunda Group of School sebagai sekolah inklusi pertama di Bandung, senantiasa berupaya dalam memfasilitasi berbagai kebutuhan setiap karakter anak.

Bagi anak yang memerlukan pelayanan program khusus, terdapat beberapa pelayanan yang diberikan antara lain :

  1. Modifikasi kurikulum melalui asesmen dan masukan dari orang tua
  2. Kegiatan outdoor dan indoor yang disesuaikan kebutuhan anak berdasarkan asesmen
  3. Adanya buku komunikasi yang berisi perkembangan anak

Modifikasi kurikulum dilakukan oleh Tim yang terdiri dari Orthopedagog, Supporting Teacher, Guru Kelas, Asisten Kelas dan Bidang Studi

"Ya Tuhanku, anugerahkanlah kepadaku (seorang anak) yang termasuk orang orang yang saleh."

QS. Ash-Shaffaat: 100

"Dan hendaklah takut kepada Allah orang-orang yang seandainya meninggalkan di belakang mereka anak-anak yang lemah, yang mereka khawatir terhadap (kesejahteraan) mereka..."

QS. An-Nisa': 9

PROGRAM UNGGULAN SEKOLAH

Lifeskill

Growing Together

Kemampuan seseorang untuk sukses dalam kehidupannya di masa depan sangat ditentukan oeh seberapa banyak lifeskill yang dikuasinya.

Bertitik tolak dari hal ini maka Mutiara Bunda mempersiapkan program lifeskill di masing-masing level. Berbagai keterampilan mulai dari memasak, berkebun, pertukangan, hingga presentation skill, diberikan oleh sekolah sebagai bekal bagi siswa di kehidupannya kelak.

Ekosistem

Lingkungan Belajar

Sekolah Mutiara Bunda berupaya untuk menciptakan lingkungan belajar yang kondusif, menarik, dan nyaman sehingga siswa tumbuh menjadi seorang pembelajar sejati dengan cara:

Lingkungan Inklusif

Salah satu komitmen Mutiara Budan adalah mengimplementasikan pendidikan inklusif dalam proses pembelajaran di sekolah. Dengan menghargai perbedaan yang ada di sekitar kita (sifat, budaya, kemampuan, latar belakang) adalah media pembeajaran yang luar biasa. Siswa belajar memahami dan beradaptasi dengan semua perbedaan tersebut untuk menumbuhkan toleransi dan mengambil hikmah daripadanya.

Lingkungan Islami

Dengan berpedoman pada uswah Rasulullah SAW, sekolah berupaya mengarahkan siswa untuk memiliki akhlakul karimah dan menjadi pribadi yang tangguh serta tidak mudah terpengaruh oleh efek negatif perkembagnan zaman.

Komunikasi Interaktif

Di dalam kelas kami mencoba untuk menciptakan pembelajaran yang mengedepankan komunikasi dua arah agar siswa merasa dihargai penadapatnya, sehingga seluruh potensinya dapat terstimulasi dengan optimal

Photo Gallery

  • Belajar Hidroponik 03
  • Unique Shapes 001
  • family hiking 009
  • Aktivitas Harian 05
  • I Love Pets 03
  • Belajar Hidroponik 01
  • Field Trip Pengolahan Sampah 07
  • Menjadi Arsitek
  • Hiking Jalan Jalan Ke Taman 03
  • Hiking Jalan Jalan Ke Taman 04
  • Unique Shapes 002
  • Latihan Drama Musical Udin 05
  • Aktivitas Harian 09
  • Karya Anak-Anak 04

Mutiara Bunda Playschool

Video Gallery

Ruang Kelas 04

Pendaftaran & Penerimaan

Tertarik menjadi bagian dari Mutbunders? Ayah dan Bunda bisa mengkuti informasi pendaftarannya di bawah ini:

Daftar Sekarang

Kirim Pesan
"Guru adalah lentera hidup, terima kasih kepada semua guru yang terus mendidik dan mencerdaskan anak bangsa"

Selamat Hari Guru Ayah dan Bunda, silahkan berkirim pesan langsung via whatsapp bersama admin kami