SMP Mutiara Bunda

SMP Mutiara Bunda berdiri pada tahun 2006 untuk memfasilitasi siswa di usia remaja mereka agar dapat berkembang optimal di jenjang pendidikan menengah. Kami membekali siswa tidak hanya dengan hal yang bersifat akademis, namun juga berbagai hal dengan nilai-nilai kehidupan.

SMP Mutiara Bunda

Building Bright Futures

SMP Mutiara Bunda berdiri pada tahun 2006 untuk memfasilitasi siswa di usia remaja mereka agar dapat berkembang optimal di jenjang pendidikan menengah. Kami membekali siswa tidak hanya dengan hal yang bersifat akademis, namun juga hanya dengan nilai-nilai kehidupan.

Agar kelak saat mereka tumbuh menjadi manusia dewasa, mereka siap menjadi khalifah pemimpin yang bermanfaat dan membawa rahmat bagi seluruh alam. Manusia yang tidak pernah lupa akan tugas yang diembannya dari Ilahi Robbi, yaitu untuk beribadah.

"Ya Tuhanku, anugerahkanlah kepadaku (seorang anak) yang termasuk orang orang yang saleh."

QS. Ash-Shaffaat: 100

"Dan hendaklah takut kepada Allah orang-orang yang seandainya meninggalkan di belakang mereka anak-anak yang lemah, yang mereka khawatir terhadap (kesejahteraan) mereka..."

QS. An-Nisa': 9

Akidah Islami

Pendekatan Mutiara Bunda yang bersifat individual terhadap siswa, memungkinkan berkembangnya kepercayaan diri yang mutlak diperlukan untuk proses belajar seorang manusia.

Lingkungan yang diupayakan membuat siswa belajar dengan menggunakan seluruh inderanya dalam metode yang mengutamakan praktik dan eksperimen, diharapkan menciptakan manusia pembelajar sejati (long life learner) yang peka terhadap lingkungan sekitarnya.

"Dan hendaklah takut kepada Allah orang-orang yang seandainya meninggalkan di belakang mereka anak-anak yang lemah, yang mereka khawatir terhadap (kesejahteraan) mereka..."

QS. An-Nisa': 9

Katakanlah: "Tiap-tiap orang berbuat menurut keadaannya masing-masing". Maka Tuhanmu lebih mengetahui siapa yang lebih benar jalannya.

QS. Al-Isra : 84

KURIKULUM

Sebagai sekolah dengan standar nasional dan terakreditasi “A”, SMP Mutiara Bunda melaksanakan Kurikulum Merdeka (Kurdeka) untuk level 7 dan kurikulum 2013 (Kuartilas) edisi revisi untuk level 8 dan 9. selain itu, pada tahun ini, SMP Mutiara Bunda juga mengusung kurikulum ” Adaptive and Meaningful Learning” yaitu seperangkat panduan pembelajaran yang merangkum materi-materi esensial bagi murid, agar mampu beradaptasi dengan perubahan zaman.

Kurikulum ini disajikan dengan metode pembelajaran aktif, parsitipatif, dan juga reflektif dalam pemaknaan yang relevan dengan diri dan lingkungan sekitar, sekaligus respon atas disrupsi yang terjadi akibat pandemI.

Visi dan Misi

Building the Future

Visi

Menjadi sekolah yang berperan aktif menjadikan Indonesia lebih baik, dengan memfasilitasi individu untuk menjadi pembelajar sepanjang hayat dengan integritas, terlibat dalam masyarakt global dengan nilai-nilai islami.

Misi

  • Memberikan lingkungan belajar yang islami untuk dihayati dan dijadikanjalan hidup (way of life)
  • Menyelenggarakan program pembelajaran yang aktif, inovatif, mengembangkan soft skill, serta menggunakan teknologi untuk memfasilitasi keragaman kebutuhan anak
  • Menjalin kerjasama antara guru, siswa, orang tua, staf, dan masyarakat sehingga tercipta lingkungan yang peduli, menyenangkan, dan menstimulasi setiap individu
  • Mengembangkan sumber daya manusia yang profesional, berkarakter, serta sehat jasmani dan rohani
  • Melaksanakan manajemen berbasis sekolah yang terencana dan terukur

School Programs

Program SMP Mutiara Bunda 01
Program SMP Mutiara Bunda 02
Teenage Self Improvement

Photo Gallery

  • Bandung Masagi Kaulinan Barudak 013
  • Bandung Masagi Kaulinan Barudak 08
  • Foto Bersama SMP Mutiara Bunda
  • Bandung Masagi Kaulinan Barudak 016
  • Bandung Masagi Kaulinan Barudak 06

Video Gallery

Projects

One Day Market

One Day Market merupakan annual event yang diadakan setiap tahun dengan tema yang berbeda-beda. Program ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan siswa secara berkelanjutan. Seluruh siswa dari kelas 7, 8, dan 9 ikut berpartisipasi dengan peran yang berbeda bagi masing-masing tingkat kelas. Untuk kelas 7 berperan sebagai Entrepeneur, kelas 8 berperan sebagai Event Organizer, dan kelas 9 berperan sebagai Entertainment.

Pendaftaran & Penerimaan

Tertarik menjadi bagian dari Mutbunders? Ayah dan Bunda bisa mengkuti informasi pendaftarannya di bawah ini:

Daftar Sekarang

Kirim Pesan
"Guru adalah lentera hidup, terima kasih kepada semua guru yang terus mendidik dan mencerdaskan anak bangsa"

Selamat Hari Guru Ayah dan Bunda, silahkan berkirim pesan langsung via whatsapp bersama admin kami