Robocop Muda





Alhamdulillah, pada hari Sabtu, tanggal 10 November 2018 Tim Ekstrakurikuler Mutiara Bunda bekerjasama dengan tim ekskul Robotik di bawah bimbingan Robonesia, telah berhasil menyelenggarakan Robocop Muda (Robotic Competition of Mutiara Bunda) di lapangan futsal SMP dan SMA Mutiara Bunda. Tema yang diusung adalah Cegah Pengaruh Negatif Game Online pada Anak dengan Kreasi dan eksplorasi prestasi. Di era moderen dengan berbagai kecanggihan ini, nyatanya tidak selalu memberikan dampak positif bagi masyarakat. Terlebih lagi bagi anak-anak. Pada kenyataannya akibat kemajuan teknologi tak jarang anak-anak kecanduan game online, yang tidak lain buah dari kemajuan teknologi itu sendiri. Untuk menangkal kebiasaan buruk itu, tim Ekskul Mutiara Bunda dan tim Robonesia sebagai pelatih ekskul Robotik di Mutiara Bunda menggelar lomba robot. Kategori yang dilombakan adalah, lomba programing robot, lomba membuat Animasi robot, lomba merakit robot, lomba bermain bola robot, sumo robot, dan memecahkan balon. Seluruh peserta merupakan para siswa pelajar tingkat TK sampai dengan SMA. Mereka semua tergabung dalam Kegiatan ekskul atau klub robot dibawah binaan Robonesia. Lomba ini sendiri dimaksudkan untuk memberikan semangat pada anak-anak bahwa bermain dan menciptakan robot lebih menyenangkan, menantang dan dapat mengukir prestasi.


Di era saat ini masyarakat tidak bisa lagi terlepas dari jeratan perkembangan teknologi. Terlebih lagi anak-anak yang belum memahami bagaimana cara bijak dalam menggunakan teknologi, sehingga anak-anak perlu diarahkan pada hobi yang bersifat positif yang berimplikasi sebagai pelopor teknologi tidak hanya pengguna teknologi. Pada lomba kali ini anak-anak dikenalkan bagaimana cara merangkai robot, membuat animasi, bermain seru yang menyenangkan dengan harapan dapat menorehkan prestasi dengan tujuan agar anak-anak tidak kecanduan game. Jadi kehadiran teknologi tidak hanya membuat genarasi muda utamanya anak-anak sebagai pengguna saja tapi juga dapat membuatnya sendiri.


Alhamdulillah peminat lomba ini mencapai hingga 300 lebih peserta dari berbagai daerah di Jawa barat. Diharapkan generasi muda ke depannya bijak dalam menggunakan teknologi.


Saya selaku kepala divisi ekskul Mutiara Bunda berharap dengan kegiatan ini bisa mengalihkan kebiasaan buruk anak dari hanya bermain gadget saja namun kini bisa berkarya membuat robot.selain itu saya berharap agar orang tua bisa mendorong anak-anak untuk menyalurkan hobi mereka, karena usia anak-anak itu tingkat penasan mereka sangat tinggi sehingga butuh tantangan. Selama ini anak-anak hanya sebagai penikmat atau pembeli robot saja, namun kini mereka dapat membuat robot sendiri. Dari kejuaraan tersebut siswa SMP Mutiara Bunda berhasil menorehkan prestasi terbaiknya. Thariqh berhasil meraih juara 2 lomba merakit robot (Brick speed), Pindo meraih juara 1 dalam kategori membuat mesin sederhana (Basic Machine) dan Feisha berhasil meraih juara satu dalam Kategori lomba membuat animasi sederhana (Basic Animation).


Alhamdulillah Pindo kelas 8 Keen terpilih dan Insha Allah akan berangkat ke Thailand tanggal 28 November-1 Desember untuk mengikuti lomba robot Asia. Bismillah semoga Ekskul Mutiara Bunda terus maju dan berjaya.


Sumber : Miss Ryan (Kadiv Ekskul Mutiara Bunda)

0 tampilan

Mutiara Bunda Group of Schools

Head Office : Jl Padang Golf No. 11, Arcamanik, Bandung

admin@sekolahmutiarabunda.com

Telp : (022) 721-1200

©2019 by Mutiara Bunda.