Mutiara Bunda Group of Schools

Head Office : Jl Padang Golf No. 11, Arcamanik, Bandung

admin@sekolahmutiarabunda.com

Telp : (022) 721-1200

©2019 by Mutiara Bunda.

Berita Terbaru

Berita Seputar Sekolah Mutiara Bunda

Keliling Indonesia Dalam Acara One Day Market

"Explore Archipelago 2.0"

5 November 2019

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Segala puji bagi Allah atas kasih dan sayang-Nya kepada kita semua. Shalawat dan salam terlimpah curah kepada Nabi Muhammad, keluarga, sahabat, dan ummatnya hingga akhir zaman.

Selasa, 8 Rabiul Awwal 1441H atau bertepatan dengan 5 November 2019 M, SMP Mutiara Bunda menghelat sebuah multi event bertajuk #OneDayMarket yang melibatkan seluruh masyarakat sekolah. Tema yang diusung tahun ini adalah "Explore Archipelago 2.0" yang merupakan tema lanjutan dari tahun lalu. Sedangkan konsep yang dihadirkan yaitu pagelaran budaya dari sembilan provinsi di Indonesia (kelas 8), bazaar makanan khas daerah (kelas 7), dan penampilan musik (kelas 9). Acara #ODM 2019 ini dibuka langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Bandung @disdikbdg , bpk. Drs. Hikmat Ginanjar, M.Si.

Acara ini merupakan salah satu bentuk integrasi beberapa mata pelajaran dari di setiap level. Siswa mendapatkan pengalaman belajar yang mengasah aspek keterampilan, kemampuan kerjasama, problem solving, dan kreatifitas. Semoga #ODM 2019 dapat memberikan kesan yang positif bagi setiap individu yang hadir. Jayalah SMP Mutiara Bunda!

#Mutbunders #Mutbun #SMPMutbun #ODM #OneDayMarket #Disdik #Bandung #Belajar #Event #SekolahInklusi #disdik #disdikbdg #disdikjabar #humasjabar #infobdg #pikiranrakyat #smpbandung #sekolahbandung #sahabatdikbud

Kunjungan dari Sekolah Malaysia ke SD Mutiara Bunda

29 Oktober 2019

Alhamdulillah pada hari Selasa 29 Oktober kemarin, kami mendapat kunjungan dari 69 orang guru dan siswa dari
.
1. Sekolah Kebangsaan Seksyen 27(1)
2. Sekolah Kebangsaan Putra Heights
3. Sekolah Kebangsaan Setia Alam
4. Sekolah Kebangsaan Subang Bestari
.
Keempat sekolah yang beralamat di Syah Alam Selangor, Malaysia ini melakukan lawatan sekaligus silang budaya adat persandingan. Anak-anak SD Mutiara Bunda dan anak-anak dari keempat sekolah tersebut saling bertukar penampilan dengan ceria.
.
Insya Allah kegiatan ini menjadi awal silaturahim yang erat antara Indonesia dan Malaysia pada umumnya dan Sekolah Mutbun dengan Sekolah Malaysia pasa khususnya..

Kunjungan dari SD Ar Rafi Bandung ke SD Mutiara Bunda

3 Oktober 2019

Assalaamualaikum Mutbunders!
.
Pada hari Kamis tanggal 3 Oktober 2019, SD Mutiara Bunda mendapat kunjungan dari SD ar Rafi Bandung.
.
Tujuan dari kunjungan tersebut adalah untuk observasi mengenai sarana dan prasarana serta UKS yang berkaitan dengan pelaksaan program sekolah sehat.
.
Semoga kunjungan ini bermanfaat dan semakin mempererat tali silaturahmi antara kedua sekolah.

#mutiarabunda #sekolahmutiarabunda #sdmutiarabunda #sdmutbun #mutbun #mutbunjuara #mutbunakuunik #sekolahsehat #disdikbdg #disdikjabar #kemdikbudri

Lomba Tahfizh - Hafizh Muda Indonesia - Membangun Keluarga Cinta Al-Quran

28 September 2019

Assalaamualaikim Mutbunders!
.
Alhamdulillah, pada hari Sabtu, 28 September 2019, telah dilaksanakan LOMBA TAHFIZH - HAFIZH MUDA INDONESIA 2019 “Membangun Keluarga Cinta Al-Qur’an” untuk level TK A, TK B, dan SD (Kelas 1 &2 ).
.
Alhamdulillah, kegiatan lomba diikuti oleh 44 peserta level TK A, TK B, dan SD (Kelas 1 &2 ) yang berasal dari berbagai sekolah di Kota Bandung.
.
Pemenang Lomba Tahfiz Kategori TK:
1. Zidna Afza Alya - Pra SD Maslakulhuda
2. Aufa Nurul Wafa - TKIT Al-Irsyad Al-Islamiyyah Bandung
3. Muhammad Wildan Al Ghozali - TKQ Ash Shidiq
.
Pemenang Lomba Tahfizh Kaegori SD:
1. Faeyza Ilmi Syahfian - DT
2. Muhammad Riefal Abdul Ghani - Miftahul Falah
3. Fitrah Kamilah - DTA Ash Shidiq
.
Selain kegiatan lomba tahfizh, ada juga acara ngobrol bareng bersama Kang Aher @aheryawan (Ahmad Heryawan – Mantan Gubernur Jawa Barat periode 2008 - 2018, Muhammad Luthfi (Peserta MTQ Internasional), dan Muhammad Saihul Basyir (Peserta MTQ Internasional)
.
Alhamdulillah kegiatan lomba Tahfizh telah berjalan dengan lancar.
.
Terima kasih kepada pihak sponsor yang telah mendukung keberlangsungan kegiatan Lomba Tahfizh.
1. @bni.syariah
2. @wardahbeauty
3. @jpuffid
4. @qurancordoba
5. @twintulipware_indo
6. @makanponyo
7. @cleopurewater
8. @jnccookies
9. @pikiranrakyat
10. @raffizstore.id
11. @en.el.dessert
.
Event Organizer by @mhi.eo
.
.
.
#disdik #kemendikbud #mendikbud #disdikjabar #disdikbdg #humas #humasjabar #humasbdg #pikiranrakyat #infobdg #sekolahbandung #bandung #bandungbanget #sdbandung #sdmutiarabunda #sekolahmutiarabunda #sahabatdikbud #harianaknasional #sekolahramahanak #tahfizh #lombatahfizh #hafizmuda

Perwakilan SMA Mutiara Bunda Raih Perunggu Dalam Kegiatan Young Scientist Competition (YSC)

18 - 19 September 2019

Assalaamualaikum Mutbunders!
.
Tanggal 18-19 September yang lalu, perwakilan putra/i dari @smamutiarabunda mengikuti Young Scientist Competiton (YSC) untuk mempublikasikan hasil penelitiannya.
.
Adapun perwakilan dari SMA Mutiara Bunda yang ikut serta dalam YSC adalah Bagja & Gadissa, Afta & Bulan, Faza & Alfi, Nuraliya & Khairunnisa, Alessandra & Suci.
.
Alhamdulillah, kami berhasil meraih perunggu untuk dua kategori yaitu Math dan Physics:
1. Kategori Math atas nama Nuraliya & Khairunnisa mendapatkan medali perunggu
2. Kategori Physics atas nama Faza & Alfi mendapatkan medali perunggu.
.
.
.
#ysc #youngscientist #youngscientistcompetition #sekolahmutbun #sekolahinklusi #disdik #disdikjabar #disdikbdg #humas #humasjabar #humasbdg #pikiranrakyat #infobdg #sekolahbandung #bandung #bandungbanget #sekolahmutiarabunda #sahabatdikbud

Pembacaan Ayat Suci Al Quran dan Mutbun Voice di Puncak Peringatan Hari Anak Nasionl

14 September 2019

Hari Sabtu, 14 September 2019, merupakan puncak dari peringatan Hari Anak Nasional. Untuk Kota Bandung, peringatan diselengarakan di Pendopo Walikota Bandung. Pada kesempatan ini juga, Walikota Bandung, H. Oded M Danial, S.AP, meresmikan program:
1. Senam Kota Layak Anak (SAKOLA)
2. Sekolah Ramah Anak (SRA)
3. Bandung Ramah Anak Yang Agamis (BARAYA)
4. Bandung Sadayana ASI Eksklusif (SAE)
5. Lagu Kota Layak Anak.
.
Alhamdulillah, anak-anak SD Mutiara Bunda mendapat kesempatan untuk menjadi bagian dari rangkaian acara pada kegiatan Puncak Peringatan Hari Anak Nasional tersebut, yaitu sebagai pembaca Ayat Suci Al-Qur'An dan Saritilawah dan menyanyikan lagu "Kota Layak Anak" oleh MB Voice sebagai Tim Paduan Suara SD Mutiara Bunda.
.
Pembacaan Ayat Suci Al-Qur'an, Surah Luqman : 13-14, dibacakan oleh Malik Ambara Satrio Dewanta Kelas 6 Voli dan Saritilawah oleh Alethea Khansa Sachita Wicaksana kelas 2 Bersepeda.
.
Alhamdulillah, pada kesempatan ini juga, SD Mutiara Bunda mendapat penghargaan piagam sebagai "Sekolah Ramah Anak".
.
Terimakasih kepada Walikota Bandung atas undangan dan kesempatan yang diberikan kepada SD Mutiara Bunda sebagai bagian dari acara puncak peringatan Hari Anak Nasional.
.
Semoga dengan kegiatan tersebut dapat menjadi pengalaman berharga bagi anak-anak dan memberikan semangat bagi kita semua untuk selalu memberikan perlindungan dan pembinaan yang baik kepada anak agar menjadi generasi terbaik sebagai harapan masa depan bangsa.

Kunjungan Penelitian dari Tsukuba University, Japan

Watanabe Saki

9 September 2019

Assalaamualaikum Mutbunders!

Today we have visitor from Tsukuba University, Japan. Her name is Watanabe Saki. She was observing the implementation of Inclusive Education at Mutiara Bunda Group of School.
.
Thank you for coming to our school @saaki__226 😍. Hopefully you have got beneficial material for the needs of the research. It was nice to have you here. And we would love to see you again someday in the future 🤗🙏

Kunjungan SDIT Baiturrahman Tasikmalaya

5 September 2019

Assalaamualaikum Mutbunders!

pada hari kamis tanggal 5 September 2019, @sdmutiarabunda menerima kunjungan dari SDIT Baiturrahman Tasikmalaya. Tujuan kunjungan mereka adalah untuk observasi sarana dan prasarana, serta menggali pengalaman dan penanganan mengenai Manajemen Sekolah Sehat yang telah dilakukan oleh SD Mutiara Bunda.
.
Adapun kegiatan yang dilakukan adalah tour berkeliling sekolah SD Mutiara Bunda dan sharing informasi dalam sesi diskusi.
.
Semoga dari hasil pertemuan ini, SDIT Baiturrahman Tasikmalaya dapat lebih memantapkan langkahnya dalam mengikuti seleksi Sekolah Sehat tingkat provinsi Jawa Barat tahun 2019, dan mempererat tali silaturahmi dengan SD Mutiara Bunda. Aamiin...

School Visit Bandung Islamic School

1 Agustus 2019

Assalaamualaikum Mutbunders!

Pada hari ini, kami mendapat kunjungan dari @bandungislamicschool ke Sd Mutiara Bunda dengan tujuan Observasi dengan program pendampingan ke Unit Stimulasi Anak (USA), wawancara dengan psikolog SD dan pengisian materi oleh Ibu Budi dan Ibu Dewi.
.
Alhamdulillah kegiatan berjalan dengan lancar. Semoga kunjungan ini membawa manfaat baik bagi rekan-rekan Bandung Islamic School dan juga kami. Dan semoga akan terus terjalin silaturahim dengan semangat terus belajar bersama. Aamiin allahumma aamiin.
.
Ikuti terus kegiatan sekolah kami. Be Kind, Be Original

School Visit Yayasan Pendidikan Manuntung, Balikpapan.

19 Juli 2019

Assalaamualaikum Mutbunders!
.
Pagi ini Mutiara Bunda Playschool Sukaluyu @tksukaluyumutbun mendapat kunjungan dari Dharma Wanita Persatuan, Yayasan Pendidikan Manuntung, Balikpapan.

Adapun tujuan dari kunjungan tersebut adalah untuk bersilaturahim dan observasi mengenai pengelolaan program Taman Kanak-kanak di Mutiara Bunda Playschool.

Alhamdulillah, kegiatan kunjungan berjalan dengan lancar. Semoga kunjungan ini dapat membawa manfaat baik bagi rekan-rekan dari Yayasan Pendidikan Manuntung juga bagi kami. Dan semoga dengan adanya kunjungan ini juga dapat terus memperat tali silaturahim. Aamiin Allahumma Aamiin.

Karla Annisa Damayanti, Pemenang LPB Sosial Nasional 2019 

13 Juli 2019

Alhamdulilah Karla Annisa Damayanti pemenang LPB Sosial Nasional 2019 dengan judul penelitian "Analisis Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Motivasi Siswa Dalam Kegiatan Entrepreneurship (Studi Deskriptif Kelas 10 dan 11 Tahun Ajaran 2018/2019 SMA Mutiara Bunda Bandung)". Insya Allah Tim @smamutiarabunda akan mengikuti seleksi berikutnya di Internasional Conference of Young Social scientists ke Serbia. Mohon doanya semoga diberikan kemudahan dan kelancaran untuk proses seleksi selanjutnya 🙏🏻🙏🏻

STAFF GATHERING SEKOLAH MUTIARA BUNDA #MUTBUNUNIKENERJIK

5 Juli 2019

Sebelum memasuki tahun ajaran baru, dalam rangka mempererat tali silaturahmi dan kerjasama tim, Sekolah Mutiara Bunda mengadakan kegiatan Staff Gathering pada hari Jumat, 5 Juli 2019. Dalam kegiatan gathering ini diisi dengan berbagai kegiatan fun games dan lomba memasak.

Kagiatan Staff Gathering merupakan kegiatan rutin satu semester sekali. Setiap kegiatan diisi dengan kegiatan yang berbeda-beda.

BERBAGI SEMBAKO UNTUK WARGA SEKITAR SEKOLAH

27 MEI & 29 MEI 2019

Berbagi sembako merupakan salah satu kegiatan "Light of Ramadhan" di Sekolah Mutiara Bunda. Sembako merupakan sumbangan dari warga sekolah baik itu guru, staff, murid, dan orang tua. Sembako kemudian diberikan kepada masyarakat yang membutuhkan yang berada di sekitar sekolah yang telah didata sebelumnya oleh RT/RW sekitar. Alhamdulillah, kegiata berbagi sembako pun berjalan dengan baik dan semua sembako telah tersalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan. Semoga apa yang diberikan dapat bermanfaat bagi penerimanya. Aamiin.

BERBAGI HIDANGAN IFTHAR GRATIS

SELAMA BULAN RAMADHAN

Berbagi hidangan ifthar gratis merupakan kegiatan rutin di Sekolah Mutiara Bunda selama bulan Ramadhan setiap tahunnya. Mulai dari guru, staff, murid bahkan orang tua murid dapat berpartisipasi dalam kegiatan berbagi menu ifthar ini. 

“Barangsiapa yang memberi buka bagi orang yang berpuasa, maka baginya pahala yang semisal orang yang berpuasa tersebut tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa tersebut sedikit pun.”

JUNIOR HIGHSCHOOL MUTIARA BUNDA "ANANTARA" GRADUATION

29 Mei 2019

"Happy Graduation"

 

Rabu, 29 Mei 2019, SMP Mutiara Bunda melaksanakan prosesi kelulusan bagi anak-anak kelas 9 angkatan "Anantara". Kegiatan wisuda pun berlangsung dengan lancar dan khidmat.


Keep on growing. Keep developing those unique dreams and talents to create goodness and beauty in the world and best wishes for your next adventure.

INAUGURASI SD MUTIARA BUNDA

28 Mei 2019

Selasa, 28 Mei 2019, SD Mutiara Bunda melaksanakan prosesi wisuda bagi anak-anak kelas 6 angkatan ke 14. Anak-anak menyebut nama angkatan mereka dengan nama Champion. Semoga dengan nama tersebut mereka bisa menjadi sang juara dalam hal apapun dan mampu merubah dunia menjadi lebih baik baik lagi. Semoga Allah SWT selalu menjaga setiap langkah kalian ke depan untuk menjemput impian-impian kalian di masa mendatang.

"D'EthciQ" Mutiara Bunda Playschool Arcamanik Graduation

26 Mei 2019

Minggu 26 Mei 2019, anak-anak dari Mutiara Bunda Arcamanik telah menyelesaikan pendidikannya di jenjang playschool dan akan segenra melanjutkan ke tingkat pendidikan selanjutnya yaitu Sekolah Dasar. Anak-anak KB Mutiara Bunda Playschool Arcamanik tahun ajaran 2018/2019 ini mengusung nama angkatan "D'EthcniQ" yang memiliki singkatan Diversity of Ethnic in Quran.

Adapun singkatan detail dari D'EthcniQ adalah:

D' = Determinant 
E = Eager 
T = Tough 
H = Humble 
N = Nationalist 
I = Intelligent 
Q = Quran lovers

 

Anak-anakku sayang dimanapun kalian berada, berperanlah dimanapun posisimu dan sebarlah manfaat sebanyak-banyaknya. Aamiin

"D'BAGEURS" Mutiara Bunda Playschool Sukaluyu Graduation

25 Mei 2019

Sabtu 25 Mei 2019, anak-anak dari Mutiara Bunda Playschool telah menyelesaikan pendidikannya di playschool dan akan segenra melanjutkan ke tingkat pendidikan selanjutnya yaitu Sekolah Dasar. Anak-anak KB Mutiara Bunda Playschool Sukaluyu tahun ajaran 2018/2019 ini mengusung nama angkatan "D'BABGEURS" yang memiliki singkatan Didoakeun Bageur tur Shaleh (Didoakan baik-baik dan sholeh). Sesuai dengan artinya, harapan para guru Palyschool Sukaluyu adalah agar anak-anak selalu menjadi anak-anak yang baik dan juga selalu menjadi anak-anak yang shaleh dan shaleha. Aamiin.

SCHOOL VISIT GURU BESAR MALAYSIA KE SD MUTIARA BUNDA

2 Mei 2019

Di awal bulan Mei ini, sekolah kami kembali lagi mendapatkan kunjungan. Kali ini kunjungan dari beberapa Guru Besar (Kepala Sekolah) dari beberapa sekolah di Malaysia.

Dalam kunjungan ini adalah bertujuan untuk mempelajari sistem pendidikan yang ada di Sekolah Mutiara Bunda, khususnya di SD Mutiara Bunda.

Alhamdulillah, setelah berkeliling sekolah dan berdiskusi bersama, kesan yang mereka berikan untuk SD Mutiara Bunda pun sangatlah positif. Kegiatan kunjungan pun diakhiri dengan penandatangan kerja sama antara SD Mutiara Bunda dengan masing-masing Guru Besar dari Malaysia.

Semoga kunjungan ini membawa manfaat baik bagi rekan-rekan Guru Besar Malaysia dan juga kita. Dan semoga dengan adanya kunjungan ini juga dapat terus memperat tali silaturahmi antar dua Negara dan khususnya antar Sekolah Mutiara Bunda dan Sekolah-sekolah di Malaysia dengan semangat "Continuous Improvement". Aamiin Allahumma Aamiin.

SMA Mutiara Bunda Graduation

27 April 2019

"Happy Graduation"
.
Keep on growing. Keep developing those unique dreams and talents to create goodness and beauty in the world. Each of you are a different musical note, and together you will bring magnificent harmony. We are proud of you and wish you get a great success in the future.

Sabtu, 27 April 2019, SMA Mutiara Bunda telah meluluskan sekitar 34 anak yang merupakan angkatan ke 11 SMA Mutiara Bunda. Rangakaian acara Graduation berlangsung dari pukul 8.00 - 11.30 WIB. Kegiatan telah berjalan dengan lancar dan tanpa kendala. kegiatan pun ditutup dengan sesi pfoto bersama dan lempar toga.

Professional Youth Programme

24 April 2019

Alhamdulillah, anak-anak kelas 8 @smpmutbun telah selesai melaksanakan kegiatan Professional Youth Programme 2019 (PYP). Program PYP merupakan program tahunan bagi kelas 8, dimana anak-anak melaksanakan kegiatan magang di beberapa tempat usaha.
.
Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah untuk melatih anak-anak berkomunikasi dan bersosialisasi secara langsung dengan orang lain. Selain itu juga untuk melatih anak-anak berempati dan merasakan langsung bagaimana rasanya bekerja untuk mencari uang.
.
Kegiatan PYP ini dilaksanakan pada tanggal 9 April -12 April dan 22 April - 24 April 2019. Kami mengucapkan banyak terimakasih kepada:
1. MB Shop
2. Alas Daun
3. Bancakan
4. My Kopi O
5. BMC
6. Cafe Halaman
7. Ampera Arcamanik
8. Ayam Bakar KQ-5
9. Cafe Renjana
10. Iga Bakar Mas Giri
11. Wong Solo
12. Selasih.
Terima kasih telah berkenan bekerjasama serta menerima anak-anak kami dan memberikan bekal yang Insya Allah dapat bermanfaat bagi mereka kelak di kemudian hari.
.
Alhamdulillah, anak-anak telah melaksanakan program PYP ini dengan baik. Semoga, program PYP ini dapat memberikan bekal pengalaman yang bermanfaat bagi anak-anak kelak di kemudian hari. Aamiin yaa robbal 'aalamiin...

School Visit Islamic Global School Balikpapan

16 April 2019

Assalamualaikum Mutbunders...!

Selasa 16 April 2019, kami mendapat kunjungan tamu dari jauh, yaitu dari Islamic Global School Balikpapan (IGS Balikpapan) yang berkunjung ke SMP-SMA Mutiara Bunda.

Kunjungan kali ini bertujuan untuk mempelajari mengenai sekolah inklusi level SMP-SMA di Sekolah Mutiara Bunda. Kami berkeliling sekolah dan berkunjung langsung ke ruangan TSI (Teenage Self Improvement) untuk melihat langsung hasil karya anak-anak special need yang ada di Sekolah Mutiara Bunda.

Alhamdulillah kegiatan kunjungan hari ini berjalan dengan lancar. Semoga kunjungan ini membawa manfaat baik bagi rekan-rekan IGS Balikpapan dan juga kita. Dan semoga dengan adanya kunjungan ini juga dapat terus memperat tali silaturahmi dengan semangat terus belajar bersama. Aamiin Allahumma Aamiin.

Pelantikan Duta Rembulan (Remaja Bandung Unggul Tanpa Anemia)

2 April 2019

Assalamualaikum Mutbunders...!

Nisa, Siswi kelas 10 SMA Mutiara Bunda mendapatkan penghargaan sebagai Duta Rembulan pada hari Selasa, 2 April 2019, Kegiatan ini merupakan program dari Dinas Kesehatan Kota Bandung yang diselenggaran berbarengan dengan peresmian program Beas Beureum (Bekal Anak Sekolah Bergizi, Enak, dan Murah).

Setelah melalui beberapa kegiatan, seperti di kecamatan, dan di kota, Nisa beserta beberapa teman lainnya dari SMA Negeri di Kota Bandung telah terpilih sebagai perwakilan Duta Rembulan. Alhamdulillah, Nisa mendapatkan juara pertama sebagai Duta Rembulan ini. 

 

Selamat untuk Nisa, semoga semangat dan kerja kerasnya menjadi inspirasi siswa-siswi yang lainnya. Aminn 🙏

Perwakilan Anak SD Mutiara Bunda dalam Peresmian Beas Beureum

2 April 2019

Hari ini, anak-anak perwakilan dari SD Mutiara Bunda berpartisipasi dalam acara launching program @dinkeskotabdg di pendopo Kota Bandung yaitu Program Beas Beureum (Bekal Anak Sekolah yang Bergizi, Enak, dan Murah).

Program Beas Beurem merupakan program dari Dinas Kesehatan untuk sejak sedini mungkin agar pola makan anak-anak diperbaiki yaitu dengan mensosialisasikan kepada para orang tua mengenai kebutuhan gizi anak yaitu 1/3 nasi, 1/3 sayuran, 1/3 lauk pauk.

Di sini, anak-anak berkeliling untuk memberikan informasi mengenai program Beas Beureum kepada semua orang yang ada di sekitar pendopo. Selain itu, anak-anak juga mengikuti lomba tentang Isi Piringku.

#beasbeureum #beasbeureumkotabandung #dinaskesehatankotabandung#walikotabandung #mangoded #menusehat #makansehat #makananbergizi#sdmutiarabunda #sekolahmutiarabunda

Mutiara Bunda Islamic Carnival (MBIC)

30 Maret 2019

Assalamualaikum Mutbunders...!

Alhamdulillah pada hari Sabtu, 30 Maret 2019, telah terlaksana kegiatan Mutiara Bunda Islamic Carnaval (MBIC) di SMP Mutiara Bunda dengan tema "Mencetak Generasi Qur'ani Indonesia Masa Kini". Kegiatan MBIC ini diperuntukkan bagi adik-adik SD se-Bandung Raya.

Pada kegiatan MBIC kali ini, SMP Mutiara Bunda melombakan langsung 3 kategori yaitu Lomba Adzan dan Iqamah, Lomba Da'i Cilik, dan Lomba Musabaqoh Hifdzil Qur'an (MHQ). Kegiatan telah berjalan dengan lancar dan telah diikuti oleh adik-adik dari beberapa Sekolah Dasar di Bandung. Semua peserta telah tampil dengan sangat baik.

Terima kasih kepada para Juri yang telah mendukung sehingga kegiatan MBIC ini dapat berjalan dengan lancar. Tidak lupa kepada para orang tua dan guru-guru yang telah mengantarkan anak-anaknya untuk mengikuti kegiatan MBIC ini.

Semoga, kegiatan MBIC ini dapat menjadikan pengalaman berharga dan dapat memotivasi mereka untuk menjadi Da'i, Muadzin, dan Memperdalam Al-Qur'an bukan hanya untuk lomba saja, tapi juga dalam kehidupan sehari-hari.

Note:
Foto Pertama Lomba Da'i Cilik:
Juara 1 : Syafa Sitti Safrima - SD Ar-Rafi (Tengah)
Juara 2 : Aniska Widyawati - SD As-Syifa (Kiri)
Juara 3 : Danela Ayu Sutiyono - SD-Irsyad (Kanan)

 

Foto Kedua Lomba Adzan & Iqamah
Juara 1 : M.Ismail Al Faruq - SD Baitul Muttaqin (Tengah)
Juara 2 : M. Hafidz Al Mubaroq - SD Baitul Muttaqin (Kiri)
Juara 3 : M. Zidan Fahrezi - SD IT Al-Irsyad (Kanan)

 

Foto Ketiga Lomba MHQ
Juara 1 : M Harun Ar-Rasyid - SD Baitul Muttaqin (Tengah)
Juara 2 : Khadijah Qanita Aulia - SD IT Al-Irsyad (Kiri)
Juara 3 : ghiandra Fakhiran R - SD Ar-Rafi (Kanan)

School Visit, Sekolah Islam Terpadu Nurul Fikri

26 Maret 2019

Assalamualaikum...!
.
Pada hari ini, Selasa 26 Maret 2019, kami kembali mendapatkan kunjungan. Kali ini dari Sekolah Islam Terpadu Nurul Fikri ke SD Mutiara Bunda. Kunjungan ini bertujuan untuk Studi Banding mengenai Program Inklusi di Sekolah Mutiara Bunda.
.
Adapun kegiatan yang dilakukan adalah tour berkeliling sekolah SD Mutiara Bunda dan saling berbagi informasi dalam sesi diskusi.
.
Terima kasih kami ucapkan sebesar-besarnya kepada Bapak Suharyono beserta tim dari Sekolah Islam Terpadu Nurul Fikri. Semoga, dari hasil pertemuan hari ini dapat memberikan manfaat-manfaat positif baik bagi Sekolah Islam Terpadu Nurul Fikri maupun bagi Sekolah Mutiara Bunda serta dapat mempererat tali silaturahmi.
.
#sekolahmutbun
#sekolahmutiarabunda
#sdmutiarabunda
#sdpembangunanjaya
#kunjungansekolah
#studibanding
#schoolvisit
#akuunik
#sharing
#inklusi
#sekolahinklusi

School Visit, Sekolah Mutiara Bunda Cilegon

6 Maret 2019

Assalamu'alaikum Mutbunders!

Mengawali bulan Maret tepatnya hari ini, Playschool, SD dan SMP kita kembali mendapat kunjungan.

Siapakah yang berkunjung? Rekan-rekan kita dari @sekolah_mutiarabundacilegon

Wah, namanya sama ya dengan sekolah kita? Iya, ada sejarah khusus memang, antara Mutiara Bunda Bandung dan Cilegon.

Pada tahun 2004 lalu, Yayasan Cahaya Mutiara bekerjasama membantu lahirnya sekolah di Cilegon ini, dengan kebijakan, kurikulum dan SDM berpusat dari Bandung. Hingga pada waktunya, sekolah Cilegon dapat berdiri sendiri.

Silaturahim ini pun terus kami bangun dan jaga, dengan semangat terus belajar bersama.

Semoga kunjungan ini membawa manfaat baik bagi rekan-rekan Cilegon dan juga kita. Aamiin allahumma aamiin.

#schoolvisit #studybanding #observasi #mutiarabudacilegon#sekolahmutiarabunda

Book Share, Mutiara Bunda Playschool Sukaluyu

5 Maret 2019

Assalamualaikum....!

Hari ini anak-anak dari Playschool dan TK Mutiara Bunda Sukaluyu mengadakan kegiatan "Book Share" di Taman Lansia Sukaluyu loh!! Kegiatan Book Share ini merupakan kegiatan berbagi buku gratis. Anak-anak dan orang tua mengumpulkan berbagai macam buku, untuk nantinya diberikan kepada Masyarakat atau sekolah sekitar yang membutuhkan.

Pada hari ini, Book Share dibagikan kepada TK Kober Mawar dan Perpustakaan Umum Kelurahan Sukaluyu. Anak-anak terlihat antusias dalam kegiatan ini karena mereka ikut serta secara langsung dalam penyerahan pembagian buku ini kepada teman-teman di TK Kober Mawar dan Pak Lurah Kelurahan Sukauyu.
.
Dalam kegiatan ini, anak-anak juga mendengarkan dongeng yang menarik dan interaktif dari Miss Hunny Bunny (Miss Lena). kemudian anak-anak pun membaca buku dari perpustakaan umum bersama-sama.
.
Alhamdulillah kegiatan Book Share ini berjalan lancar, anak-anak pun terlihat sangat senang bisa berkenalan dengan teman baru dari TK Kober Mawar. Semoga, setiap buku yang sudah disumbangkan ini dapat bermanfaat ya, aamiin....
.
#bookshare #berbagibuku #berbagi #indahnyaberbagi #budayamembaca#membaca #perpustakaan #baca #perpustakaanumum #bukugratis#playschool #tamankanakkanak #mutiarabundaplayschool

School Visit, SD Pembangunan Jaya

26 Febuari 2019

Assalamualaikum...!

Pada hari Selasa, 26 Febuari 2019, kami kedatangan tamu dari SD Pembangunan Jaya Bintaro. Kunjungan ini bertujuan untuk Sharing Kurikulum, Sarana Prasarana, Kesiswaan, dan Kepegawaian yang ada di SD Mutiara Bunda.

Setelah berkeliling sekolah, kami pun saling berbagi informasi dalam forum diskusi. Alhamdulillah, kegiatanpun berjalan dengan baik dan lancar.

Terima kasih kami ucapkan sebesar-besarnya kepada Ibu Karina, selaku Kepala SD Pembangunan Jaya Bintaro beserta seluruh timnya yang telah berkunjung ke sekolah kami. Semoga, dari hasil pertemuan hari ini dapat memberikan manfaat-manfaat positif baik bagi SD Pembangunan Jaya Bintaro maupun bagi SD Mutiara Bunda.

#sekolahmutbun
#sekolahmutiarabunda
#sdmutiarabunda
#sdpembangunanjaya
#kunjungansekolah
#studibanding
#schoolvisit
#akuunik
#sharing
#berbagiilmu

School Visit, SMP Hikmah Teladan

22 Febuari 2019

Assalaamualikum...!

 

Pada hari Jumat, 22 Febuari 2019, kami kedatangan tamu dari SMP Hikmah Teladan. Agenda kunjungan ini bertujuan untuk saling menjalin silaturahmi dan studi banding. Kami melakukan forum diskusi mengenai kurikulum, program inklusi, dan budaya literasi yang ada di SMP Mutiara Bunda. Alhamdulillah, dalam kegiatan ini kami bisa saling berbagi informasi dan ilmu.

 

Terima kasih kami ucapkan sebesar-besarnya kepada Bapak Muhammad Ali beserta tim dari SMP Hikmah Teladan telah berkunjung ke Sekolah SMP Mutiara Bunda. Semoga, dari hasil pertemuan hari ini dapat memberikan manfaat-manfaat postif baik bagi SMP Hikmah Teladan maupun bagi SMP Mutiara Bunda.

 

#sekolahmutbun #sekolahmutiarabunda
#smpmutiarabunda 
#kunjungansekolah 
#studibanding
#schoolvisit
#akuunik

Kabar Baik dari TK Mutiara Teluk di Kec. Labuan

24 Januari 2019

Kabar baik datang dari TK Mutiara Teluk di Kec. Labuan. Alhamdulillah 90% siswa/i TK Mutiara Teluk sudah kembali masuk sekolah. Artinya kondisi sudah mulai membaik, semoga pelan-pelan trauma pun kan sirna.


Anak didik dan orang tua anak didik pun sangat antusias sekolah kembali dimulai, semoga ini menjadi alamat baik bagi pulih dan bagkitnya labuan pada khususnya dan Banten pada umumnya pasca bencana.


Sampai berita ini disampaikan, tim Comunity Care Mutiara Bunda (Bu Budi dan Pak Adi) dalam perjalanan pulang ke Bandung setelah 3 hari 2 malam bertugas di sana mengirim mebeler, setting ruang kelas dan mengajar serta memberikan arahan-arahan kepada ibu guru TK Mutiara Teluk.


#paudmutiarateluk #comunitycare #comcaremutbun #pascatsunamiselatsunda #labuan #banten

Visitasi Paguyuban Urang Bandung UI (UrbanUI)

22 Januari 2019

Selasa 22 Januari 2019, siswa-siswi kelas 12 SMA Mutiara Bunda kedatangan kakak-kakak dari Paguyuban Urang Bandung UI (@UrbanUI). UrbanUI merupakan paguyuban mahasiswa-mahasiswi UI yang berasal dari Bandung, Cimahi, dan daerah-daerah lainnya di sekitaran Kabupaten Bandung. Kakak-kakak dari UrbanUI ini mempresentasikan mengenai Universitas Indonesia dari mulai program kuliah hingga berbagai jurusan perkuliahan yang ada di Universitas Indonesia.


Kehadiran kakak-kakak mahasiswa dari UrbanUI ini sangat disambut baik, karena dapat memberikan gambaran bagi siswa-siswi kelas 12 mengenai proses perkuliahan kelak, khususnya di Universitas Indonesia.

Charity Performance Udin 2.0, Udin 2 Kembali ke Titik Nol

19 Januari 2019

Tahun ini, Sekolah Mutiara Bunda kembali menggelar Charity Performance berupa drama musikal dengan judul UDIN 2.0, Udin Kembali ke Titik Nol. Drama musikal Udin 2.0 ini diselenggarakan di Gedong Kesenian Sabilulungan pada 19 Januari 2019.


Udin 2.0 ini merupakan lanjutan dari Udin pertama "Udin and The Magic Book". Diceritakan bahwa Udin yang baik dan lugu berubah menjadi Udin yang sombong setelah mendapatkan beasiswa study ke Jepang. Karena merasa kesal dengan semua orang di sekelilingnya, Udin pun pergi berkeliling dunia dengan menggunakan Mesin Waktu.


Adapun pesan moral dari Udin 2.0 ini adalah untuk tidak menjadi sombong dan tetap rendah diri seberapapun tingginya ilmu yang kita dapat, seperti yang tertulis dalam Qur'an Surat At-Takasur: Bermegah-megahan telah melalaikan kamu, sampai kamu masuk ke dalam kubur. Janganlah begitu, kelak kamu akan mengetahui (akibat perbuatanmu itu), dan janganlah begitu, kelak kamu akan mengetahui. Janganlah begitu, jika kamu mengetahui dengan pengetahuan yang yakin, niscaya kamu benar-benar akan melihat neraka Jahiim, dan sesungguhnya kamu benar-benar akan melihatnya dengan ‘ainul yaqin. kemudian kamu pasti akan ditanyai pada hari itu tentang kenikmatan (yang kamu megah-megahkan di dunia itu).” (QS. At Takatsur: 1-8).


Melibatkan 495 anak yang terdiri dari gabungan Playschool dan SD Mutiara Bunda dan dibantu juga oleh 140 crew guru dan staff sebagai panitia. Udin 2.0 berhasil memukau para penonton dengan berbagai efek cahaya dan suaranya, akting dari para peserta yang terlihat sangat percaya diri, kostum yang lucu dan menggemaskan, lagu-lagu yang enak didengar dan penuh dengan pesan moral.


Sebagian hasil pembelian tiket dan pembelian Merchandise Udin 2.0 ini untuk didonasikan kepada saudara-saudara kita yang menjadi korban bencana, diantaranya korban bencana Lombok, Palu dan Tsunami Selat Sunda.

Terima kasih untuk semua pihak Sponsor, Orang Tua, Guru, dan seluruh staff Mutiara Bunda yang begitu luar biasa memberi dukungan dalam keseluruhan acara ini. 

Merchandise Udin 2.0

13 Januari 2019

Assalamu'alaikum!

Udin punya koleksi baru. Coba deh diintip ke: http://bit.ly/merchandiseudin

Tapi sebelum ngintip ke tautannya, Udin mau kasih pantun dulu yah. Gini nih bunyinya:

Mang ubay, pergi beli net
You buy means you donate!

Abah ambu jualan lasagna
Pas pak ustadz lagi puasa
Hayuk atuh, beli koleksinya
Udin tunggu sampai hari Selasa

Wassalamu'alaikum
Tim Merchandise Udin 2.0

Serah Terima Donasi untuk Korban Bencana  dari Siswa SMA Kepada Comunity Care Mutiara Bunda

4 Januari 2019

Siswa SMA Mutiara Bunda melakukan serah terima donasi untuk korban bencana tsunami Selat Sunda. Donasi tersebut diserahterimakan kepada perwakilan tim Comunity Care Mutiara Bunda, agar hasil donasi yang diterima dapat segera disalurkan kepada korban bencana tsunami yang membutuhkan.

Fun Walk Mutbun 2018

20 Desember 2018

Demi menjaga silaukhuwah bersama seluruh staff mutbunders, Sekolah Mutiara Bunda mengadakan gathering dengan tema Fun Walk.

Dalam kegiatan ini setiap orang ditempatkan dala satu kelompok yang terdiri dari 15 orang dan dari berbagai divisi.  Bukan hanya gerak jalan biasa, tapi di dalamnya diisi dengan permainan-permainan menarik yang dapat mempererat kerjasama tim.

Anugrah Apresiasi Pendidikan 2018 - Sekolah Literasi Terbaik

20 Desember 2018

Kabar gembira dari Playschool Mutiara Bunda yang mendapatkan undangan dari Dinas Pendidikan dalam acara Anugrah Apresiasi Pendidikan 2018. Playschool Mutiara Bunda mendapatkan anugrah pengharagaan sebagai Sekolah Literasi Terbaik 2018 untuk jenjang taman kanak-kanak. 

Tentunya dengan penghargaan yang diraih tersebut bukan lantas menjadi berpuas diri, melainkan menjadi pelecut untuk dapat berkarya menjadi lebih baik lagi. "Seyogyanya apresiasi itu harus jadi pelecut untuk berkarya lebih baik. Dihargai atau tidak bukanlah tujuan utama. Ini untukmu mutbunders! Karena ini adalah hasil doa dan kerja keras mutbunders semua"Sambut Ibu Sarah Hajar sebagai Kepala Sekolah Playschool Mutiara Bunda Arcamanik.

Seminar Inklusi, Pendidikan Seks Bagi Anak Berkebutuhan Khusus

18 Desember 2018

Sekolah Mutiara Bunda bekerja sama dengan Mutiara Harmony Event Organizer menggelar seminar inklusi mengenai Pendidikan Seks Bagi Anak Berekbutuhan Khusus. Dalam seminar ini mengundang Dr. Hidayat, M.Si selaku narasumber seputar pendidikan Inklusi.

Pendidikan seks bagi anak-anak, khususnya anak-anak yang berkebutuhan khusus dirasa sangat penting. Anak-anak ini banyak yang mengalami korban, baik korban yang sifatnya pelecehan maupun yang sifatnya perubahan yang termasuk kategori perudungan (semaca gejala yang menyakiti orang lain). Selain itu pentingnya dalam seminar pendidikan seks ini agar membuka wawasan orang tua untuk lebih sadar dan lebih care bahwa pertumbuhan dan perkembang anak ini tidak bisa dibendung karena mereka ini pada hakekatnya dan pada prinsipnya memiliki kebutuhan yang sama dengan anak-anak lain pada umumnya.

Hal inilah yang kita support, agar para orang tua menyadari bahwa tidak bisa anak-anaknya dibiarkan begitu saja, tetapi juga perlu membutuhkan pemahanan dan kepedulian orang tua, agar mereka sejak dini sudah bisa menyelamatkan anak-anaknya dari predator yang semakin masif.

Salah satu hal yang memprihatinkan, banyak terjadi di daerah lain, akibat anak kurang memahami kondisinya dan kurang paham berinteraksi secara tepat maka menjadi satu sumber kekuatan bagi yang lain untuk melakukan pelecehan seksual.


Terima Kasih kepada Dr. Hidayat, M.Si. sebagai narasumber yang telah membagikan ilmunya. Terima kasih pula kepada para peserta yang telah berbagi pengalamannya sehingga dapat masukan dan inspirasi bagi semua pihak yang hadir dalam seminar tersebut. Semoga acara seminar ini dapat bermanfaat dan berkah bagi kita semua. Aamiin

Visitasi Akreditasi SMA Mutiara Bunda 2018 - Terakreditasi A

14 Desember 2018

Kabar gembira datang di penghujung semester ini. Setelah proses akreditasi yang digelar di tanggal 16 - 17 November 2018 yang lalu, SMA Mutiara Bunda menghasilkan nilai sebesar 96, dengan predikat A (terakreditasi unggul). Nilai kali ini ada kenaikan 3 poin dibandingkan nilai akreditasi 4 tahun yang lalu.

Dengan demikan, hasil ini akan sangat berpengaruh terhadap jalur undangan (SNMPTN) ke Perguruan Tinggi Negeri. Dan yg paling penting, semoga menambah keberkahan bagi seluruh proses pendidikan SMA Mutiara Bunda.

 Aamiin.

Teacher's Award Mutiara Bunda Highschool 2018

10 Desember 2018

Jika di dunia perfilman internasional, mungkin kita sudah mengenal dengan Movie's Award. Di SMA Mutiara Bunda pun ada yang namanya Teacher's Award. acara ini merupakan persembahan terima kasih dari para siswa kepada para gurunya dalam bentuk AWARD layaknya di ajang Movie Award. Acara ini diorganisir oleh Student Association of Mutiara Bunda (SAMBA). Berbagai nominasi pun ikut memeriahkan acara Teacher's Award, dari mulai guru terlucu, guru terkorea, guru terkreatif, guru tergalau, guru tertegas, dan masih banyak lagi. Adapun puncak acaranya sampai kepada Teacher's of The Year 2018 yang jatuh kepada Pak Zamzam.

Ikut berlaga di International Youth (IYRC) Robotic Championship di Thailand

30 November 2018

Pindo salah satu Siswa dari SMP Mutiara Bunda megnikuti ajang kompetisi Robotic di Thailand setelah memenangkan perlombaan merakit robot yang diadakan oleh Komunitas Robonesia yang di gelar di Sekolah Mutiara Bunda Bandung.

Pindo mengikuti International Youth Robot Competition (IYRC) di Thailand. Cabang yang diikuti adalah RoboSoccer dalam kategori Junior. Pindo berhasil mengalahkan Thailand dengan score 4-2. Tahap selanjutnya Pindo harus menghadapi lawan yang tangguh yaitu Myanmar dan kalah dengan score 1-0.