Moving Forward with My Research Project

By M Ariefianto

 


Sejak dilahirkan ke alam dunia ini, kita semua sudah dibekali dengan rasa ingin tau. Hal ini menjadi modal kita untuk berpengetahuan juga berwawasan sampai saat ini. Butuh lingkungan keluarga atau sekolah yang benar-benar memahami juga mengoptimalkan level keingitahuan kita semua. Untuk memahaminya butuh kesabaran, sarana juga kesempatan, khususnya untuk mencari tau berbagai jawaban pertanyaan yang disampaikan. Orangtua di rumah juga guru di sekolah terkadang habis kesabaran menghadapi murid yang selalu bertanya akan berbagai hal, bahkan akhirnya mematikan rasa ingin tau tersebut dengan tanpa sengaja. Bertitik tolak dari keingingan menghindari hal tersebut, maka SMA Mutiara Bunda membuat sebuah program yang diberi nama “Research Project”. Program ini dikhususkan untuk kelas 11 sebagai sarana untuk menjawab berbagai pertanyaan pribadinya akan suatu hal, lalu berupaya mencari jawabannya dibantu oleh guru pembimbing di sekolah. Akhirnya setelah menemukan jawaban suatu permasalahan yang diajukannya, hasilnya dipresentasikan ke orangtuanya masing-masing bersama pihak sekolah.

Sebuah pertanyaan sederhana tentang berapa jumlah pemakaian kertas di SMA Mutiara Bunda dalam 1 bulan? Atau juga, Bagaimana peran suasana rumah mendukung kesuksesan belajar online? Adalah satu diantara puluhan judul riset yang diajukan para siswa kelas 11. Dimulai dari pertanyaan, sampai proses mencari data, kemudian mengolah data untuk menuju pada kesimpulan awal adalah siklus yang dilakukan oleh setiap siswa. Tanpa disadari, siklus ini menghasilkan sebuah pola berpikir ilmiah, dimana akan membantu kelak ketika siswa akan memecahkan satu atau beberapa masalah di kelak kemudian hari. Hal ini yang menjadi fokus SMA Mutiara Bunda membuat program ini. Secara teori semua siswa akan mendapatkan materi Menulis Karya Ilmiah, namun dalam praktiknya perlu didukung oleh sebuah program yang mampu membuat setiap siswa mengaplikasikannya dalam keseharian.


Berpikir Ilmiah sejatinya adalah upaya menemukan fakta dan ide yang sebelumnya tidak diketahui. Sains adalah proses mencari pengetahuan melalui observasi berdasarkan teori atau generalisasi. Kedua hal ini menjadi acuan juga kerangka kerja dari program Research Project. Bekal yang sangat bermakna sebelum siswa-siswi SMA Mutiara Bunda memasuki jenjang perkuliahan yang menuntut pola berpikir ilmiah ini. Berharap program Research Project yang sudah berlangsung 14 tahun ini terus memberikan kontribusi positif bagi siswa dan guru pembimbing khususnya, terlebih lagi bagi SMA Mutiara Bunda sebagai sebuah Lembaga Pendidikan. Pesan khusus untuk siswa-siswi kelas 11, semoga lancar juga sukses untuk semua risetnya masing-masing, mendapat ilmu dan wawasan yang berkah dan bermanfaat.


“Excellence is not a gift, but a skill that takes practice. We do not act rightly because we are excellent, in fact we achieve excellence by act rightly” (Plato)

11 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua