MUTIARA DI SMA MUTIARA BUNDA

Tulisan tentang Mutbun

by : Heti Aisah, S.Pd., M.Pd.

Pengawas Pembina SMA Mutiara Bunda



Saya berkesemapatan mengenal SMA Mutiara Bunda ketika mendapat tugas untuk memantau UNBK tahun pelajaran 2017-2018. Memasuki gedung yang terasa janggal dalam pandangan saya, karena mindset saya tentang gedung sekolah itu berbentuk lorong, berderet memanjang, dan bertingkat. Hal itu tidak ada untuk SMA Mutiara Bunda, desain bangunannya lebih mirip seperti bangunan rumah, kelas kelas tidak berderet sejajar, malah terkesan antara kelas satu dan lainnya seperti pembagian ruangan dalam sebuah rumah. Tetapi itulah yang menjadi khasnya SMA Mutiara Bunda, yang akhirnya saya menikmati dan merasakan kenyamanan jika berada di dalamnya.


Hal pertama yang dilakukan saya sebagai pemantau kegiatan UNBK adalah melihat pelaksanaannya, dan tentu program kegiatannya. Kembali saya dikejutkan dengan keunikan sekolah ini dalam menyusun program kegiatan UNBK, program disimpan dalam file map, tanpa jilid yang biasa dilakukan sekolah pada umumnya. Mungkin akan terkesan asal-asalan, tetapi tidak di mata saya, ini sebuah keunikan yang ditampilkan SMA Mutiara Bunda.


Memasuki tahun pelajaran 2018-2019, saya menerima surat tugas sebagai pengawas SMA Mutiara, tentu ini sebuah kebahagiaan buat saya bisa menjadi bagian dari sebuah sekolah, dimana warganya, mulai dari staf, guru, kepala sekolah penuh dengan dedikasi pengabdian dan pengamalan nilai nilai religiusitas. Mayoritas usianya masih terbilang muda, idealismenya masih tinggi, energik dan memiliki keinginan kuat untuk maju. Itulah salah satu faktor kenapa saya betah jika diskusi dengan mereka, kita akan mencari solusi-solusi dalam mempersiapkan sekolah yang memiliki visi untuk “Mewujudkan sekolah ramah yang memfasilitasi individu untuk menjadi pembelajar sepanjang hayat dengan integritas, terlibat dalam masyarakat global dengan nilai-nilai islami”.


Pada tahun itupula sekolah Mutiara Bunda akan menghadapai kegiatan penilaian oleh BAN SM, tentunya sebagai pengawas pembina saya langsung dihadapi pada sebuah tantangan untuk mempersiapkan sekolah agar mampu mempertahankan nilai akreditasi yang sudah diperoleh lima tahuan ke belakang, atau bahkan bisa naik beberapa digit. Target yang ingin dicapai tidak terlalu muluk, naik 2 digit juga sudah merupakan sebuah prestasi bagi sekolah. Tetapi faktanya setelah nilai akeditasi diumumkan, SMA Mutiara Bunda memperoleh nilai akreditasi melampui ekspektasi, loncatannya sangat signifikan, yaitu memperoleh kenaikan 5 digit dari nilai akreditasi sebelumnya.


Capaian prestasi yang diperoleh SMA Mutiara Bunda bukan tanpa alasan, semua diperoleh dengan kerja keras dan kerjasama yang solid dari semua warga sekolah. Ketika saya melakukan pembinaan pada tim akreditasi atau tim 8 standar, maka reaksi dari semua tim merespon dengan tindakan, bahkan mereka bekerja tanpa kenal lelah, di sela-sela jam kosong mengajar, tim akan berkumpul dan melakukan koordinasi satu sama lain. Dan yang paling utama mereka memiliki inovasi dan kreatifitas dalam bekerja, sehingga hasilnya memang Subhanallah memuaskan.


Gerakan literasi yang dicanangkan pemerintah dalam kurikulum 2013, di SMA Mutiara Bunda tampaknya sudah menjadi sebuah kebutuhan. Membaca itu bukan karena ada keharusan atau tuntutan dari luar, tetapi lebih kepada keasadaran pada diri sendiri, bahwa membaca itu sebuah kebutuhan dan pengamalan dari perintah Tuhan yang tertuang dalm QS Al Alaq. Ketika berdiskusi dengan salah satu penggerak literasi di sekolah, ternyata gerakan literasi di SMA Mutiara Bunda sudah masuk pada tahapan pembelajaran. Banyak peserta didik sudah mampu meyusun sebuah buku, bahkan sudah diterbitkan. Hal yang membuat saya acungin jempol, ternyata kepala sekolah dan guru-gurunya memberi contoh dengan adanya komunitas guru menulis.


Masih banyak hal yang ingin disampaikan tentang keunggulan-keunggulan SMA Mutiara Bunda, tetapi secara keseluruhan, sekolah ini memang layak menyandang sebagai sekolah Mutiara. Sekoah kecil tetapi bersinar, karena di dalamnya memancar nilai nilai Ketuhanan, yang menjadi spirit dalam melakukan segala aktifitas, sehingga menghasilkan inovasi dan kreasi yang mengantarkan pada sebuah perwujudan Visi sekolah.


SMA Mutiara Bunda, tetap berkarya menghasilkan generasi-generasi emas yang berakhlakul karimah, dibingkai dengan kecerdasan dan inovasi serta kretifitas, dengan tetap memelihara kolaborasi dan komunikasi sebagai landasan menggapai kesusksesan. Saya bersyukur menjadi bagian di dalamnya.


Bandung, 28 November 2018

70 tampilan

Mutiara Bunda Group of Schools

Head Office : Jl Padang Golf No. 11, Arcamanik, Bandung

admin@sekolahmutiarabunda.com

Telp : (022) 721-1200

©2019 by Mutiara Bunda.