Our Students Of The Week

By M Ariefianto

 


“And…Students of The Week goes to….”, merupakan bagian kalimat yang sangat dinantikan oleh setiap siswa SD Mutiara Bunda di setiap minggunya. Momen kalimat itu diumumkan dengan diiringi debar juga antusiasme yang tinggi dari setiap siswa saat menunggu nama diumumkan satu per satu. Setelah satu nama disebutkan, maka sang pemilik nama tersebut maju ke depan untuk mendapatkan sebuah pin Students of The Week yang diberikan oleh Kepala Sekolah disaksikan oleh seluruh rekan-rekan juga adik atau kakak kelasnya yang sama-sama siap menikmati sajian Assembly mingguannya. Momen sederhana memang, namun ternyata memiliki dampak yang sangat besar khususnya dalam rangka meningkatkan rasa percaya diri juga keaktifan setiap siswa di kelas. Hal ini baru kami sadari sebagai pendidik ketika mewawancarai Ghasani Muzzaki, seorang alumni SD yang sedang kuliah S2 di London-Inggris. Hal yang paling berkesan dan selalu diingatnya dalam hidup sebagai booster rasa percaya dirinya adalah momen Students of The Week saat Assembly di aula SD Mutiara Bunda.


Program Students of The Week adalah satu diantara banyak aktivitas pendidikan di SD Mutiara Bunda. Secara naluriah anak-anak SD masih membutuhkan motivasi eksternal diluar dirinya berupa afirmasi hal baik yang telah dilakukannya. Harapannya, melalui penguatan pada pencapaian hal baik ini dapat menyempurnakan tumbuh kembangnya sehingga akan menumbuhkan juga motivasi internal ketika mereka memasuki jenjang usia remaja dan dewasa kelak. Rangkaian penilaian program dimaksud tidak saja dari capaian akademik, mayoritas justru diambil dari adanya keikutsertaan juga peningkatan sikap perilaku, tanggungjawab, kemandirian serta keaktifan di kelas. Penilaiannya bersifat terbuka dan diketahui oleh semua siswa di kelas menggunakan sistem poin atau juga sistem lainnya yang digunakan oleh Guru Kelas masing-masing. Pada akhirnya semua hasilnya akan kembali ke diri anak-anak masing-masing, walau dapat dipastikan setiap anak adalah bintang di setiap kelasnya, namun tetap saja tak bisa dipungkiri ada bintang-bintang yang sinarnya lebih terang.


Di momen pandemik ini, momen pengumuman Students Of The Week memang berbeda dari saat sebelum pandemik. Dimana saat ini semua berlangsung secara online, termasuk juga Assembly nya yang dilakukan secara online. Sedikit berkurang momen deg-degan menanti siapa yang diumumkannya. Tetap saja hal ini tidak mengubah program Students Of The Week secara keseluruhan sebagai sebuah ikhtiar SD Mutiara Bunda menumbuhkan motivasi internal siswanya sebagai bekal menjadi sebuah individu yang utuh dalam pikiran, sikap dan perbuatan di kelak kemudian hari.




31 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua