Pasar SEHATI SMP Mutiara Bunda

Diperbarui: 2 Mar

By M Ariefianto

 

“Ayo dibeli, dibeli”, suara anak-anak bersahutan dengan semangatnya diantara meja-meja yang berisi aneka sayur-mayur, buah-buahan juga makanan sehat lainnya di lapang futsal SMP Mutiara Bunda yang seharian itu disulap menjadi Pasar Sehat TSI (Sehati). Program ini menjadi pembuka kegiatan stimulasi di awal tahun 2022 untuk anak-anak dengan program dari Teenage Self Improvement (TSI). Tujuan utama kegiatan ini selain menstimulasi interaksi sosial di tempat umum, juga bisa meningkatkan pengetahuan tentang mata uang. Terlebih lagi dengan banyaknya interaksi dengan banyak pihak dalam hal ini guru juga rekan-rekan siswa SMP lainnya sebagai pembeli maka bahasa komunikasi anak-anak pun terstimulasi dengan optimal.


Kegiatan Pasar Sehati diikuti oleh seluruh anak-anak SMP dengan program dari TSI dengan proses pendampingan dari persiapan sampai pelaksanaan oleh guru-guru pendampingnya. Satu hal yang nampak sejak persiapan sampai pelaksanaan adalah adanya kolaborasi yang erat dari berbagai pihak, terutama Orang tua siswa, anak-anak berprogram di TSI, Guru dan Manajemen Sekolah yang berupaya optimal mewujudkan kegiatan ini. Penyediaan berbagai sayur-mayur, buah-buahan dari para penyedia, termasuk orang tua siswa sendiri, mendesain lapangan futsal menjadi area pasar, sampai dengan penyediaan berbagai petunjuk dilakukan secara antusias dan simultan.


Kegiatan Pasar SEHATI sejatinya merupakan upaya tim TSI menyiasati kondisi pandemi saat ini, dimana dalam kondisi non pandemi, maka anak-anak dengan program TSI akan langsung melakukan proses belanja ke Pasar disekitar sekolah. Dengan berbagai hal positif yang ditimbulkan terkhusus karena menjawab kendala pandemi, selayaknya program Pasar SEHATI bisa menjadi program rutin yang berkelanjutan. Peran sebagai pembeli saja sudah memberikan pengalaman mendalam bagi anak-anak, terlebih lagi peran menjadi Pembeli juga ada yang jadi Penjual sekaligus, tentu memberi pengalaman juga kemampuan baru bagi anak-anak. Bravo Pasar SEHATI.




15 tampilan0 komentar