Pemuda Harapan Semua (Renungan bersama jelang Sumpah Pemuda)

By M. Ariefianto

 


Pemuda Indonesia dulu dan hari ini

Sejarah perjalanan bangsa Indonesia sejak zaman kolonialisme sampai saat ini tidak akan pernah lepas dari peran para pemuda. Pergerakan kemerdekaan Indonesia yang terencana juga terstruktur diawali dari pembentukan organisasi Boedi Oetomo di sekolah STOVIA (Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia) Jakarta saat ini. Para pemuda dimotori oleh dr Soetomo berupaya merealisasikan mimpi bangsa Indonesia untuk merdeka dan berdaulat. Sejak pendirian organisasi ini maka para intelektual muda juga tua mendapatkan momen percaya diri dan bersatu mewujudkan cita-cita besar rakyat Indonesia. Peran pemuda berikutnya dilanjutkan oleh Sukarni dan kawan-kawannya yang bersikeras memaksa para seniornya dalam hal ini bung Karno dan bung Hatta untuk memproklamasikan kemerdekaan Indonesia di medio Agustus tahun 1945 saat tantara Jepang yang bercokol di Indonesia menyerah tanpa syarat pada sekutu. Akhirnya atas berkat rahmat Allah yang maha kuasa, Indonesia memproklamasikan kemerdekaannya di 17 Agustus 1945, jelas peran para pemuda melatarbelakanginya. Periode sejarah berikutnya para pemuda menjadi kontrol sosial terhadap pemerintahan di setiap waktunya, saat orde lama, orde baru bahkan orde reformasi sampai saat ini.


Pemuda merupakan aktor intelektual yang kehadirannya diharapkan mampu membawa suatu perubahan bangsa menuju arah yang lebih baik. Menurut Undang-Undang No. 40 tahun 2009, pemuda adalah penduduk berusia 16 hingga 30 tahun yang memasuki periode penting pertumbuhan dan perkembangan. Dalam sudut pandang demografi penduduk, kelompok umur pemuda masuk sebagai usia produktif, yaitu usia yang dalam perhitungan beban ketergantungan memiliki posisi sebagai penanggung beban penduduk usia tidak produktif. BPS mencatat, saat ini ada sekitar 64,19 juta jiwa pemuda yang tersebar di wilayah NKRI dan mengisi seperempat jumlah penduduk Indonesia (25,02 persen). Tentu saja angka tersebut bukanlah jumlah yang sedikit dan akan sangat berarti jika diiringi dengan kualitas yang mumpuni, mengingat mereka adalah aktor dalam pembangunan yang akan menentukan nasib bangsa ini di masa depan.


Potensi Pemuda dan Harapan di pundaknya

Teringat kata-kata Sang Proklamator, Bung Karno, “Beri aku 1000 orang tua niscaya akan kucabut Semeru dari akarnya, Beri aku 10 pemuda akan kuguncangkan dunia”. Kata-kata itu menunjukkan betapa kuat, hebat dan berpengaruhnya para remaja terhadap perubahan dunia. Pada masa inilah, para remaja memiliki pemikiran yang murni, semangat tinggi dalam melakukan sesuatu sehingga masih dapat kita bentuk karakter dan kepribadiannya dengan menanamkan nilai-nilai agama, moral, etika dan kejujuran agar generasi penerus masa depan bangsa ini berintegritas, pemberani dan berakhlak mulia sehingga mampu meneruskan tugas dan kewajiban dalam menuntaskan ragam persoalan bangsa.


Sesuai fitrah perkembangannya, pemuda memiliki kebebasan berpikir, keberanian mengambil resiko juga semangat berkarya mewujudkan cita-cita yang tinggi. Dengan modal sikap seperti dimaksud membuat pemuda bisa menjadi motor penggerak juga perubahan disetiap masanya. Selain itu pemuda juga dibekali energi yang tinggi untuk menutupi berbagai hal yang dilakukannya. Sejak awal masa peradaban manusia, pemuda mengambil peran penting bagi masyarakat disekitarnya. Terkhusus di zaman ini dimana peran pemuda mencapai puncaknya dengan digitalisasi di hampir semua sektor kehidupan.


Digitalisasi dan pemuda seperti dua sisi mata uang dimana keduanya terikat satu sama lain. Para pemuda umumnya di generasi X, Y dan Z saat ini memiliki adaptasi yang sangat tinggi khususnya pada penerapan teknologi. Sejak masih di dalam kandungan, para pemuda saat ini sudah hidup di zaman milenial juga instan. Hal ini berkontribusi kepada pola hidup mereka yang juga serba instan yang seolah menyederhanakan berbagai proses yang perlu dilakukan. Kesimpulan sederhananya untuk mencapai posisi puncak di suatu organisasi/ tempat kerja generasi sebelumnya butuh 20-30 tahun berkarya, sementara para pemuda saat ini bisa meraih posisi puncak direktur sekaligus foundernya hanya dalam hitungan bulan berupa start up perusahaan digital yang dibuatnya. Semua hal ini menjadi potensi besar juga harapan yang diemban para pemuda dalam kehidupannya menjelang. Lalu profil pemuda seperti apa yang saat ini bisa setiap orangtua, bangsa juga agama berikan harapan di Pundak-pundaknya?



Profil Pemuda Harapan Semua

Pemuda saat ini dicitrakan oleh banyak pihak dengan pakaian yang up to date dan fashionable, aksesoris gadget mutakhir, nongkrong di café terkemuka, menggunakan kendaraan bermesin gahar namun semuanya dengan uang hasil kerja keras kedua orangtuanya. Setidaknya itu profil yang diberikan oleh sebagian masyarakat dalam berbagai media visual juga dalam keseharian di perkotaan. Kesemuanya berkaitan dengan kebutuhan fisik dari pemuda dimaksud. Padahal sejatinya pemuda yang bisa menjawab berbagai tantangan zaman ke depan tidak hanya perlu tampilan fisik semata, melainkan juga tampilan jiwa dan spiritual yang optimal.


Pemuda harapan semua harus kenal terlebih dahulu siapa dirinya, sebagai hambaNya yang tidak ada daya dan upaya selain pertolonganNya. Setelah kenal dirinya maka harus tau apa tujuan hidupnya, dengan pemahaman tujuan hidupnya maka akan membuatnya mampu menyusun berbagai langkah dalam kehidupannya kelak. Hal penting lainnya dari profil pemuda harapan semua adalah kesabaran menjalani proses. Tidak ada suatu kesuksesan hidup dengan instan, semua membutuhkan proses. Tiga hal dimaksud digabung dengan potensi diri yang sudah Allah swt berikan akan memberikan dampak besar bagi pemuda harapan semua juga lingkungan disekitarnya.


Sebagai akhir dari tulisan ini kami cuplikan sebait puisi tentang pemuda harapan semua, semoga bisa menjadi perhatian bersama untuk kita semua.


Harapan pada pemuda layaknya ayah yang menunggu lahirnya bayi

Seperti penyair yang mengharap senja

Seperti pendaki yang merindu gunung

Begitulah bangsa mengharap pada para pemudanya

Jangan bersambung atau malah ditamatkan

Buatlah cerita lebih menarik lagi tentang bangsa ini

Buat bangga, buat adidaya buatlah berdaulat secara hakiki

Bangun dan sadarlah wahai para pemuda


Salam mendampingi para Pemuda harapan semua untuk Mutbunders. Bismillah

Wassalam

31 tampilan0 komentar