Vokal Juga Perlu Teknik

By M. Ariefianto

 


“Aaaaaaa….iiiiiiii……uuuuuu……eeeeee……oooooo”, riuh rendah suara anak-anak kelas 3 bersahutan di lapangan basket SD Mutiara Bunda mengikuti arahan Pak Idham, guru yang memimpin sesi belajar Musik pagi itu. Aktivitas ini merupakan materi awal pelajaran Musik tentang teknik vokal. Keceriaan juga antusiasme nampak dari wajah anak-anak yang berseri-seri, diduga karena ini sesi pertama anak-anak kelas 3 belajar langsung di sekolah setelah beberapa minggu giliran belajar online di rumah, berikutnya karena belajar di luar kelas dengan materi Musik adalah sesuatu yang menyenangkan. Kegiatan diawali dengan persiapan penerapan prokes, cek masker, jaga jarak dan tidak berkerumun, dilanjutkan sesi stretching berupa peregangan leher, pundak dan punggung supaya materi belajar dapat diserap anak-anak dengan optimal. Selanjutnya belajar pun dimulai.


Teknik Vokal merupakan suatu rangkaian materi yang terdiri dari pernafasan (dada, perut dan diafragma), phrasering, sikap badan, resonansi, vibrato, improvisasi dan intonasi. Dilansir dari beberapa sumber literatur, kemampuan teknik vokal ini sangat diperlukan dan memiliki efek jangka panjang dan efek jangka pendek. Efek jangka panjangnya, teknik ini merupakan kunci untuk tampil di muka publik. Walau identik dengan kemampuan untuk bernyanyi, namun lebih dari itu kemampuan ini sangat penting untuk presentasi, pidato, wawancara juga kegiatan lainnya yang sangat diperlukan anak-anak di masa mendatang. Sedangkan efek jangka pendek, diantaranya adalah:

1. Meningkatkan aliran oksigen

2. Otot jantung menjadi lebih kuat

3. Sistem imun semakin baik

4. Dengan latihan bernyanyi, perasaan semakin bahagia

5. Meminimalisasi berbagai penyakit

6. Menghilangkan stress

7. Kemampuan kognitif anak semakin berkembang

8. Kemampuan menelan anak semakin baik

9. Menekan emosi pada anak


Tujuan pembelajaran teknik vokal di kelas 3 adalah kemampuan dasar teknik vokal setiap anak dapat dikembangkan secara optimal. Harapannya setelah memiliki kemampuan ini, anak-anak akan terus difasilitasi dengan banyak aktivitas yang mampu memberdayakan teknik vokal yang sudah dimilikinya. Selanjutnya mereka akan mampu mengakselerasi rasa percaya diri untuk tampil dan berperan di semua kesempatan. Pesan untuk anak-anak kelas 3 yang telah dapat materi teknik vokal, teruslah berlatih karena pada dasarnya latihan bukan untuk menyempurnakan, tapi untuk menjadikannya permanen. Salam Teknik Vokal.

9 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua