Entrepreneurship

Pembelajaran Terintegrasi di Mutiara Bunda

Thrifting For Sharing adalah kegiatan entrepreneurship yang dilaksanakan oleh level 7. Kegiatan ini merupakan salah satu penerapan integerasi antara beberapa mata pelajaran. Adapun mata pelajaran yang terintegrasi dalam kegiatan ini adalah IPS, Matematika dan Pendidikan Pancasila. Anak-anak level 7 membuka stand dengan berbagai jenis barang yang ditawarkan kepada warga Sekolah Mutiara Bunda yang dimana keuntungan dari penjualan tersebut akan disumbangkan kepada anak yatim. Selain menjalankan program pembelajaran sekolah, dalam kegiatan ini anak-anak juga mendapatkan pengalaman untuk menjadi entrepreneur.

Implementasi Kurikulum Merdeka

Merujuk kepada kurikulum merdeka yang dicanangkan oleh Mas Menteri Nadiem Anwar Makarim, B.A., M.B.A., salah satu implementasi yang diterapkan oleh Sekolah Mutiara Bunda adalah dengan pembelajaran yang terintegrasi. Jadi, pada dasarnya kurikulum merdeka tersebut telah dilakukan oleh Sekolah Mutiara Bunda dari awal berdirinya. Kami memandang bahwa dengan sistem pembelajaran yang terintegrasi ini siswa-siswi bukan hanya akan mendapatkan ilmu dari mata pelajaran yang dipelajari. Tetapi juga dapat memahami keterkaitan dari satu mata pelajaran dengan mata pelajaran lainnya. Dengan program-program yang dirancang, mereka juga akan mendapatkan pengalaman untuk terjun langsung berinteraksi dengan masyarakat luas.

Thrifting For Sharing

Salah satu contohnya adalah pada kegiatan Thrifting For Sharing yang telah berlangsung pada Hari Jumat, 18 November 2022 yang lalu. Kegiatan ini terintegrasi dari tiga mata pelajaran sekaligus yaitu IPS, Matematika, dan Pendidikan Pancasila. Pada mata pelajaran IPS, siswa-siswi mempraktekkan materi sosial mengenai kelangsungan, kelangkaan dan kebutuhan hidup. Pada mata pelajaran Matematika, siswa-siswi mempraktekkan mengenai Aritmatika Sosial, yang dimana nantinya anak-anak akan menghitung Untung maupun Rugi dari hasil penjualan tersebut. Dan pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila, anak-anak belajar untuk saling bekerjasama dalam satu tim atau kelompok dalam mencapai satu tujuan yang sama.

Di luar dari ketiga mata pelajaran tersebut. Tentunya dengan kegiatan Thrifting for Sharing ini, anak-anak Belajar entrepreneur. Mereka belajar bagaimana memilih produk yang akan dijual,  bagaimana cara menawarkan produk dan melayani pembeli dengan baik. Di sisi lain, kegiatan ini menumbuhkan rasa peduli anak-anak terhadap orang yang membutuhkan, khususnya kepada anak yatim.

Sebagai sekolah yang peduli dengan perkembangan setiap siswanya, Sekolah Mutiara Bunda memfasilitasi siswa-siswinya di usia remaja mereka agar dapat berkembang optimal di jenjang pendidikan menengah. Membekali mereka tidak hanya dengan hal yang bersifat akademis, namun juga berbagai hal dengan nilai-nilai kehidupan.

Lihat seputar informasi mengenai pendaftaran, biaya pendidikan dan lainnya pada link berikut : www.sekolahmutiarabunda.com/school-enrollment/.

Atau chat langsung bersama tim kami di Whatsapp : bit.ly/adminmutbun (tim Humas Mutbun)

Leave a Reply

Kirim Pesan
"Guru adalah lentera hidup, terima kasih kepada semua guru yang terus mendidik dan mencerdaskan anak bangsa"

Selamat Hari Guru Ayah dan Bunda, silahkan berkirim pesan langsung via whatsapp bersama admin kami